Mengintip 7 Hasil Karya Terbaik Dari Arsitek Indonesia

Arsitek Indonesia memiliki karya yang tak kalah dari karya arsitek dunia. Nggak cuma populer, beberapa karya arsitek Indonesia juga kerap jadi studi dan juga menerima berbagai penghargaan bergengsi dari dunia arsitektur internasional.

Yuk, intip dan kenali lebih banyak arsitek Indonesia bersama berbagai karya terbaik yang mengharumkan nama arsitek Indonesia di mata dunia arsitektur internasional!

1. Menara Phinisi UNM – Yu Sing

Menara Phinisi UNM

Yu Sing adalah arsitek Indonesia asal kota Bandung yang terkenal akan kemampuannya bermain dengan material-material daur ulang yang berani dan juga konsep bangunan dan rumah ramah lingkungan

Salah satu karya megah dan terbaik dari arsitek Indonesia satu ini adalah Menara Phinisi UNM. Melalui karya Yu Sing satu ini, kamu bisa melihat gaya kontemporer yang memang selalu identik dengan rancangan-rancangan yang ia buat.

2. Masjid Istiqlal – Fredrich Silaban

Masjid Istiqlal

Fredrich Silaban adalah salah satu arsitek Indonesia pada era kemerdekaan yang dikagumi tak hanya oleh sesama arsitek Indonesia, namun juga oleh arsitek dunia. Dari sekian banyak karyanya, salah satu yang terkenal dan masih berdiri megah hingga saat ini adalah Masjid Istiqlal.

Karya Fredrich Silaban ini merupakan hasil memenangkan sayembara yang dibuat oleh Bung Karno. Masjid karya arsitek Indonesia satu ini bahkan sempat menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara pada era 1970-an.

3. Museum Tsunami Aceh – Ridwan Kamil

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami adalah salah satu karya arsitek Indonesia terbaik selanjutnya. Digagas sebagai monumen simbolis bencana Tsunami pada 2004, bangunan megah karya arsitek Indonesia, Ridwan Kamil ini kaya akan unsur filosofi yang dalam dan merepresentasi keadaan, situasi, dan rasa saat bencana Tsunami terjadi.

Selain museum Tsunami, karya Ridwan Kamil lainnya yang tak kalah populer adalah Rumah Botol, Masjid Merapi, dan juga Masjid Al-Irsyad.

4. Perpustakaan Universitas Indonesia – Budiman Hendropurnomo

Perpustakaan Universitas Indonesia

Karya terbaik arsitek Indonesia selanjutnya adalah perpustakaan Univeritas Indonesia karya arsitek Indonesia, Budiman Hendropurnomo. Memiliki konsep dan kesan yang mendekati alam, rancangan perpurstakaan karya arsitek Indonesia ini juga memberikan ruang luar yang mampu difungsikan sebagai ruang santai publik yang bisa digunakan masyarakat sekitar.

Ruang-ruang dinamis yang berada di dalam gedung perpustakaan ini membuat bagunan megah karya arsitek Indonesia ini makin mengagumkan.

5. Alor Island Airport / Mali Airport – Nataneka

Mali Airport

Alor Island Airport atau dikenal juga dengan nama Mali Airport adalah bangunan karya arsitek Indonesia, Nataneka Architects. Memiliki gubahan masa yang menarik dan unik, menjadikan konsep desain karya arsitek Indonesia, Nataneka memenangkan sayembara untuk pembangunan lapangan udara di Nusa Tenggara Timur ini.

Saking mengagumkannya, karya arsitek Indonesia ini sempat dipamerkan bersama karya arsitek Indonesia lainnya pada pameran arsitektur internasional di Korea Selatan.

6. KCN Office – Atelier Cosmas Gozali

KCN Office

Melihat dari bentuknya saja kamu akan merasa jika bangunan ini layak disebut sebagai karya terbaik. Memiliki bentuk Khas arsitektur moderndibanding lingkungan sekitarnya, bangunan ini berhasil tampil standout dan megah.

Lebih membanggakan lagi, bangunan ini dirancang oleh arsitek Indonesia, Cosmas Gozali.  Cosmas Gozali sendiri merupakan arsitek Indonesia yang masih aktif di dunia arsitektur dan dekat dengan dunia seni yang bisa kamu lihat dari keunikan karya-karya arsitek Indonesia satu ini.

7. Konservasi Mbaru Niang (Rumah Adat Suku Wae Rebo) – Yori Antar

Rumah Adat Suku Wae Rebo

Jika arsitek Indonesia sebelumnya terkenal akan karya bangunan modern, Yori Antar putra dari tokoh arsitektur Indonesia, Han Awal, justru tengah dikagumi akan proyek-proyek konservasi arsitektur vernakural Indonesia yang ia jalani.

Salah satu proyek arsitek Indonesia satu ini yang terkenal dan dikagumi adalah konservasi “Mbaru Niang”. Selain itu, ia juga aktif mengembangkan berbagai rumah adat  dan arsitektur tradisional Indonesia lainnya yang sudah terancam punah jika tak dilestarikan.


Itulah beberapa nama besar dalam dunia arsitektur Indonesia dengan berbagai karya fantastis yang dimilikinya. Tak hanya membanggakan dunia arsitektur Indonesia, berbagai karya ini juga memberikan kontribusi yang besar bagi aspek lainnya mulai dari kebudayaan, sosial, hingga pendidikan. Yuk, lebih bangga dengan karya-karya arsitek nusantara!

Source : Dekoruma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *