• 14-17 March 2019
  • Jakarta Convention Center

Kiat Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis

0

Contoh Furniture untuk Rumah Minimalis. Foto: Istimewa.

Kiat memilih furniture untuk rumah minimalis dapat menjadi panduan bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari furniture yang cocok untuk rumah minimalis.

Furniture sendiri merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus ada di dalam sebuah rumah. Furniture dapat berupa set meja kursi, lemari, dan lain sebagainya. Namun, dalam memilih furniture untuk rumah minimalis, Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan.

Jangan sampai furniture yang Anda beli justru tidak sesuai dengan ruangan sehingga tidak tampak indah saat dipandang. Berikut ini akan dibahas mengenai tips dalam memilih furniture yang tepat untuk rumah minimalis.

Lakukan Survei Ruangan

Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memilih furniture yang akan digunakan pada rumah berdesain minimalis adalah melakukan survei ruangan terlebih dulu.

Anda perlu memperhatikan dengan seksama hal-hal yang berkaitan dengan ruang, seperti warna dinding, luas ruangan, tinggi plafon, serta aksesoris ruangan. 

Sesuaikan Furniture dengan Tema Ruang

Salah satu memilih furniture untuk rumah minimalis adalah menyesuaikan furniture dengan tema ruang. Karena itu, furniture minimalis akan sangat cocok digunakan pada ruang bertema minimalis.

Tema desain dengan furniture minimalis sangat tepat untuk dipilih dan gunakan oleh para penghuni rumah yang memiliki mobilitas tinggi serta menginginkan kepraktisan.

Perhatikan Desain dan Ukuran Furniture

Desain dan ukuran merupakan dua hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sebuah furniture untuk rumah minimalis.

Saat ini ada banyak desain furniture dengan berbagai ukuran yang dijual di pasaran. Untuk rumah minimalis, sebaiknya Anda memilih desain furniture yang minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Furniture yang berukuran terlalu besar akan sangat mengganggu ketika diletakkan di ruang yang kecil.

Memilih Warna Furniture

Ketika akan memilih sebuah furniture untuk rumah minimalis, usahakan untuk menyesuaikan warna furniture dengan warna ruangan. Setidaknya pilihlah warna furniture yang tidak terlalu mencolok saat diletakkan di sebuah ruangan agar tetap terlihat elegan.

Dalam menyesuaikan warna, sebaiknya warna furniture tersebut dipadukan dengan warna yang ada di sekitarnya sehingga menimbulkan keserasian warna.

Anda dapat memadukan warna furniture dengan warna dinding. Misalkan saja dinding rumah yang berwarna putih silver, dapat dipadukan dengan sofa yang berwarna coklat muda.

Melihat Fungsi Furniture

Pada saat hendak membeli atau memilih furniture untuk rumah minimalis, jangan lupa melihat fungsi dari furniture yang akan dipilih.

Terlalu banyak furniture yang diletakkan di dalam rumah justru akan terlihat kurang bagus.Untuk itu, pilihlah furniture yang bersifat multifungsi sehingga Anda tak perlu meletakkan terlalu banyak furniture di dalam ruangan.

Beli Furniture Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Membeli furniture yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bisa menjadi salah satu tips memilih furniture untuk rumah minimalis dengan budget yang minim.

Dalam memilih furniture yang berkualitas dengan harga yang terjangkau Anda dapat minta didampingi oleh seseorang yang banyak mengerti soal pilihan furniture. 

Biasanya furniture yang berkualitas itu adalah yang berbahan dasar kayu. Ada dua bahan berkualitas yang umum digunakan untuk membuat furniture yang berbahan dasar kayu, yakni kayu solid dan juga Medium Density Fibreboard (MDF).

Kayu solid memiliki harga yang cukup mahal. Sedangkan MDF memiliki harga yang lebih terjangkau. Kedua bahan tersebut memiliki kualitas yang baik.

Namun jika yang Anda cari adalah furniture untuk rumah minimalis yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka Anda sebaiknya memilih furniture berbahan MDF.

Selain kualitasnya bagus dan harganya terjangkau, furniture berbahan MDF juga mudah untuk diutak-atik dan dapat dibongkar pasang.

Minta Bantuan Tukang

Anda dapat meminta bantuan tukang untuk mengerjakan penataan furniture di rumah. Untuk memudahkan pekerjaan tukang, Anda dapat menunjukkan contoh gambar penataan ruang yang diinginkan serta jenis furniture apa yang Anda butuhkan.

Dengan demikian Anda dapat menciptakan tatanan ruang rumah minimalis  yang sesuai harapan.

Demikianlah beberapa kiat memilih furniture untuk rumah minimalis. Semoga artikel ini memberi informasi yang bermanfaat bagi Anda, terutama yang sedang bingung mencari furniture yang tepat untuk digunakan dirumah berdesain minimalis. (R11/HR-Online)

Source : https://www.harapanrakyat.com/2019/11/kiat-memilih-furniture-untuk-rumah-minimalis/