• 14-17 March 2019
  • Jakarta Convention Center

Pembangunan infrastruktur masih jadi prioritas Jokowi selain SDM di periode kedua

0

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo menggelar sidang kabinet paripurna dengan topik evaluasi pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan persiapan implementasi APBN 2020.

Dalam rapat tersebut, Jokowi kembali mengingatkan targetnya terkait pembangunan sumber daya manusia secara besar-besaran di kepemimpinannya yang berikutnya.

Meski fokus pada pembangunan SDM, Jokowi pun mengatakan tidak akan meninggalkan pembangunan infrastuktur yang sudah dilakukan.

“2020 merupakan tahun pertama pada periode pembangunan RPJMN 2020-2024 yang kita fokuskan pada pembangunan SDM secara besar-besaran tanpa meninggalkan pembangunan infrastruktur yang telah kita mulai lima tahun lalu,” tutur Jokowi, Kamis (3/10).

Dia berharap, reformasi pemerataan kualitas pendidikan bisa dilanjutkan dengan fondasi yang sudah disusun selama ini. Program pelatihan yang sudah dijalankan kementerian/lembaga pun bisa disinergikan. 

Jokowi berpendapat, pada 2014-2019, jajaran menteri sudah melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, tidak hanya fokus di Jawa saja.

Tak hanya itu, dia pun mengatakan pihaknya telah melakukan reformasi di bidang fiskal sehingga bisa membuat APBN Indonesia semakin sehat. Pihaknya juga memulai reformasi struktural, dimana hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing, memangkas banyak aturan dan prosedur yang menghambat.

Reformasi di bidang perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan pun dilakukan.

Source : https://nasional.kontan.co.id/news/pembangunan-infrastruktur-masih-jadi-prioritas-jokowi-selain-sdm-di-periode-kedua