• 14-17 March 2019
  • Jakarta Convention Center

Sri Mulyani sebut pembangunan infrastruktur bisa dorong pertumbuhan ekonomi

0

Menkeu Sri Mulyani

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimistis pembanguann infrastruktur dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Bahkan Kemenkeu menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terkerek lebih tinggi dari saat ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan ekonomi dapat terdongkrat berkat penandatangan tiga perjanjian pembangunan jalan tol Semarang-Demak. Tol Semarang-Demak ini merupakan terusan dari tol Trans Jawa.

“Dengan tersambungnya jalan tol ini, kita berharap perekonomian akan terus meningkat dan berdenyut dengan lebih keras lagi,” ujar Sri Mulyani, Senin (23/9).

Menurut Sri Mulyani, denyut ekonomi Indonesia perlu dijaga mengingat lingkungan global dan regional masih belum pasti. Bahkan, banyak negara yang masuk dalam zona resesi, dan negara lain mengalami perlambahan pertumbuhan ekonomi.

Itulah alasan mengapa sumber pertumbuhan ekonomi di dalam negeri harus terus dipacu. “Artinya investasi harus tinggi. Dan investasi itu hanya akan terjadi di daerah yang memiliki infrastruktur yang baik dan daya beli terjaga dan ekonominya stabil,” tambahnya.

Infrastruktur di Indonesia, lanjutnya, sudah mengalami perkembangan yang cukup baik. Akan tetapi, perkembangan tersebut dianggap belum cukup untuk mendorong investasi dan mendorong ekonomi tumbuh lebih pesat. Itulah sebabnya, pembangunan infrastruktur harus terus digenjot.

Sri Mulyani juga mengatakan, bila membandingkan indeks daya saing Indonesia dengan Filipina dan Vietnam, Indonesia masih jauh lebih baik.

“Tetapi orang akan mengatakan masih kalah dari Malaysia dan Singapura. Benchmark itu selalu meningkat. Oleh karena itu kita perlu terus mengatasi kebutuhan infrasruktur, baik jalan raya, baik itu air bersih, sanitasi, port maupun¬†airport, dari sisi telekomunikasi dan sisi konektivitas yang lain,” tuturnya.

Source : https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-sebut-pembangunan-infrastruktur-bisa-dorong-pertumbuhan-ekonomi