• 14-17 March 2019
  • Jakarta Convention Center

Interior Lega dengan Furnitur Multifungsi

0

Tidak semua ukuran hunian memiliki luas bangunan yang lega. Bahkan, tren ruang untuk bangunan rumah tapak yang menyasar kaum milenial, mengadopsi ruang dengan ukuran minimal jadi tren krena mengedepankan efisiensi.

Namun, apakah ruang yang minim lahan akan selalu terlihat sempit? Tidak juga. Dengan memerhatikan konsep desain dan bantuan arsitektur interior, ruang di lahan sempit bisa didesain agar terlihat lega dan luas.

Ruang tamu, misaknya, kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas.

Dekorasi vertikal yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu adalah menggantungkan tirai dekat dengan langitlangit sehingga ruangan tidak saja nampak luas tapi juga nampak lebih tinggi.

Untuk kesan yang lebih dramatis, Anda dapat menambahkan lampu pada lantai untuk memberikan penerangan secara vertikal. Misalnya, menyesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu.

Jika ruang tamu berukuran kecil, tentunya furnitur harus disesuaikan dengan ukuran. Pilihlah kursi tamu yang tidak memiliki penopang siku.

Jika Anda lebih suka dengan sofa, pilihlah bentuk sofa sudut yang dapat diletakkan pada pojokan ruangan yang akan menyisakan tempat di tengah.

Namun perlu di ingat bahwa Anda tidak boleh terlalu banyak meletakkan barang-barang kecil diruang tamu yang akan membuat tampilannya nampak berantakan.

Architectaria, sebuah lembaga jasa interior dan eksterior hunian juga menyarankan untuk memilihlah furnitur ruang tamu yang memiliki banyak fungsi.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ruang tamu yang kecil agar terlihat lebih luas adalah dengan memilih furnitur multifungsi. Misalnya, meja kopi yang diletakkan di ruang tamu yang dapat difungsikan sebagai rak buku di area bawahnya.

“Di balik pintu ruang tamu, Anda juga dapat meletakkan barang seperti sapu yang ditempel pada dinding,” terang Arie dari Architectaria.

Sementara, untuk desain interior ruang tamu agar tampil indah dengan warna cerah, Architectaria menyarankan jangan sampai ada barang yang tercecer pada ruang tamu.

Pasanglah rak dinding yang digunakan untuk menaruh aksesoris ruang tamu berupa kenangan ketika Anda bepergian mungkin. Jika ada meja didekat sofa, pilihlah yang memiliki laci banyak agar dapat menyimpan barang seperti buku dan majalah.

Pencahayaan juga sangat dibutuhkan hampir diseluruh ruangan. Pastikan bahwa pencahayaan pada ruang tamu cukup untuk membuatnya nampak lebih lega.

Ketika siang hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan agar cahaya natural masuk kedalam ruangan. Anda juga harus memasang lampu hias yang akan menjadi salah satu dekorasi menarik.

Source : http://www.koran-jakarta.com/interior-lega-dengan-furnitur-multifungsi/